JABUPSI Di Dukung ILO Indonesia Adakan Kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Bagi Pengurus Perempuan SP/SB Sektor Kelapa Sawit

3 min read

suarapekerja.com,MEDAN- Kegiatan pelaksanaan Pelatihan dasar kepemimpinan bagi pengurus perempuan SP/SB Sektor Kelapa sawit yang di laksanakan di Swiss Belinn Hotel Jalan Gajah Mada no.42 Kecamatan Medan Baru Kota Medan.Kamis, 05/05/24.

Terhitung sejak tanggal 3-5 April 2023 terdapat 27 orang perwakilan dari lebih dari 15 pengurus SP/SB perempuan dari barbagai daerah yang mengikuti kegiatan dasar kepemimpinan perempuan, mereka dengan tekun dan bersungguh- sungguh mengikuti berbagai materi terkait pengenalan dasar-dasar kepemimpinan seperti pengenalan diri, peran perempuan di serikat pekerja/serikat buruh, gender, komunikasi yang efektif dan hak-hak dasar di tempat kerja dan strategi praktis melakukan negosiasi untuk mendorong kesetaraan di tempat kerja.

Kegiatan pelatihan dasar dan ke pemimpinan bagi Perempuan di Sektor Kelapa sawit ini merupakan kegiatan bersama 10 federasi SP/SB di sektor kelapa sawit Indonesia yang di laksanakan oleh JAPBUSI (jejaring SP/SB Sawit Indonesia). Kegiatan ini didukung oleh ILO Indonesia melalui proyek memajukan hak-hak pekerja di sektor kelapa sawit.

Yunirwan Gah sebagai Project Coordinator mengatakan kalau kegiatan seperti ini adalah yang dibutuhkan oleh SP/SB khususnya dalam meningkatkan partisipasi perempuan dalam kepemimpinan SP/SB. Ini di lakukan untuk meningkatkan kapasitas mereka ini dalam melaksanakan peran mereka untuk melakukan advokasi, koordinasi lintas SP/SB pekerja sawit Indonesia khususnya terkait melindungi hak-hak pekerja perempuan.

Kegiatan pelatihan ini baru yang kedua kali di lakukan di wilayah Sumatera Utara dan akan berlanjut kedaerah – daerah lain seperti Aceh , Riau , Sumatera Selatan , Kalimantan Barat , Kalimantan Timur , Kalimantan Tengah,
ini adalah target kami dan ini akan kami lakukan ketingkat Nasional ucapnya.

Fredy Sembiring sebagai coorditor pelatihan kegiatan mengatakan , setelah selesainya Pelatihan ini di harapkan para peserta pelatihan dapat mengadopsi dan menerapkan strategi dalam meningkatkan keterwakilan perempuan dalam mengurus SP/SB diwilayah kerjanya masing-masing.

Dalam kesempatan itu juga TM.Yusuf sebagai Ketua DPD KSPSI AGN SUMUT
sangat Mengapresiasi
pelatihan dasar kepemimpinan
bagi pengurus perempuan SP/ SB khususnya yang bergerak di sektor kelapa sawit.
rentannya perhatian terhadap buruh perempuan membuat mereka sering mendapat ketidakadilan.

Dengan adanya pelatihan yang di gagas oleh ILO dan JABUPSI Ini semoga bakat dan kemampuan para pejuang buruh wanita Sumatera Utara
dapat berperan aktif ucapnya.

Awak media juga ada meminta tanggapan kepada salah seorang peserta Surayati Simanjuntak S.H Ketua DPC FTIA KSBSI Pematang Siantar , beliau sangat terkesan dengan kegiatan Pelatihan ini , karena ini akan sangat bermanfaat khususnya perempuan dan melalui kegiatan pelatihan ini juga semoga perempuan bisa lebih berani dalam memimpin.

Kegiatan Pelatihan berjalan sukses karena sesuai dengan yang diharapkan panitia karena para peserta Pelatihan juga mau mengikuti petunjuk-petunjuk dan arahan dari panitia pelaksa kegiatan dan kegiatan di akhiri dengan Fhoto bersama. (Ag/Sp)

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours